Type Here to Get Search Results !

Mahasiswa Jangan Takut Untuk Memulai Usaha

Candra P. Pusponegoro melatih jurnalistik mahasiswa UIB

Mahasiswa Jangan Takut Untuk Memulai Usaha
Oleh Mayang Bahtera Pertiwi, Reporter Voice of UIB


Voice of UIB, Batam - Entrepreneur Centre Universitas Internasional Batam (EC UIB) menyelenggarakan kuliah umum Leadership dan Entrepreneurship Development I di aula gedung B UIB Batam Kepulauan Riau. Kuliah umum yang diselenggarakan Jumat (21/12/2012) mulai pukul 17.00 WIB bertemakan “How to make your business happen”.

Acara dihadiri oleh mahasiswa UIB yang sangat antusias mengikuti kuliah umum tersebut. Terbukti, jumlah peserta yang hadir saat itu lebih dari 250 orang. Rosnendya Wisnu Wardhana, pembicara seminar mengatakan, untuk memulai suatu usaha harus berfikir positif agar dapat merealisasikannya.

Apabila hal-hal negatif saja yang terfikir di dalam benak seseorang, maka sinyal negatif yang akan yang menderu-deru dalam diri. Akibatnya, harapan usaha yang sudah direncanakan hanya sebatas rancangan.

“Ubah mindsett kita yang jelek-jelek. Jika kita saja sudah tidak percaya dengan diri sendiri, lalu siapa yang akan percaya pada kita,” ujar pengusaha dan pemilik puluhan gerai Nay@dam, oleh-oleh khas Kota Batam kepada reporter VOU, Jumat (21/12/2012) malam.

Realisasi dari usaha itu, mahasiswa memiliki kesempatan besar untuk membuka usaha, khususnya di lingkungan kampus UIB. Saat ini, ada 7 tempat usaha yang sudah beroperasi. Di antaranya ada 4 gerobak, 1 kantin, dan 2 fotokopi.

Namun ada prosedur penyeleksian kelayakan bisnis yang harus dilakukan untuk mendapat tempat tersebut. Di antaranya yaitu membuat proposal bisnis yang kemudian diajukan ke EC UIB dan selanjutnya akan dilakukan interview.

Ketua umum EC, Broto, berpesan kepada mahasiswa agar go action, go get it. Period! Artinya ide bisnis jangan hanya diangan-angan. Masalah apa yang akan dihadapi nanti itu urusan belakangan. Biarkan saja. Kalau tidak memulai untuk mencoba, bagaimana bisa belajar untuk memecahkannya.

“Ide jangan sebatas ide, tetapi harus direalisasikan. Persoalan yang timbul diselesaikan nanti,” ujar Broto menyemangati ratusan peserta.

Kedepannya, EC UIB akan gencar melakukan program-program menarik untuk menumbuhkembangkan jiwa entrepreneur mahasiswa. Dukungan terhadap program itu antara lain pembinaan mahasiswa, seminar, atau kuliah umum. (*)