Type Here to Get Search Results !

Mahasiswi Batam Akan Dikirim ke Kanada

Candra P. Pusponegoro melatih jurnalistik mahasiswa UIB

Mahasiswi Batam Akan Dikirim ke Kanada
Oleh Mayang Bahtera Pertiwi, Reporter Voice of UIB

Voice of UIB, Batam - Program Pertukaran Pelajar Antarnegara (PPA) menjadi rutinitas yang selalu dinikmati oleh mahasiswa Universitas Internasional Batam (UIB). Sejak tahun 2008 lalu, UIB sudah mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti program yang diselenggarakan oleh Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) setiap tahunnya.

Tahun 2012 ini, salah satu mahasiswi jurusan akuntansi UIB, Bea Nuri berhasil lolos seleksi Indonesia Canada Youth Exchange Program (ICYEP). Ia dijadwalkan berangkat ke Kanada 26 September 2012 mendatang. Program ICYEP ini berlangsung selama enam bulan. Mekanismenya, tiga bulan pelaksanaan program di Kanada dan sisanya di Indonesia.

Prof. Dr. Handoko Karjantoro, CPA, Rektor UIB memimpin langsung pelepasan mahasiswa yang menjadi duta Provinsi Kepulauan Riau itu. Dengan pertukaran mahasiswa ini, mereka akan mendapatkan ilmu baru yang belum pernah didapatkan sebelumnya. Tentunya, dengan kuliah di luar negeri akan memberikan kemajuan dalam keilmuan dan pengalaman.

“Saya mendukung sepenuhnya program pertukaran pelajar ini. Tak hanya belajar melainkan mahasiswa diberi kesempatan untuk memiliki pengalaman global. Sehingga diharapkan  dapat membentuk karakter yang siap bersaing secara internasional,” ujar Karjantoro kepada reporter VoU, Rabu (26/9/2012).

Osriza Betri, Kepala Sekolah SMK Batam Business School (BBS) yang juga kepala sekolah Bea Nuri saat ia masih SMK juga turut hadir. Betri memberikan apresiasi kepada Bea atas keberhasilannya. Dikatakannya, untuk menjadi mahasiswa yang bisa terpilih ini membutuhkan peranan besar dari guru atau dosen dan pihak keluarga.

“Dengan terpilihnya Bea Nuri, kami selaku guru di SMKnya dulu sangat bangga dan gembira. Semoga sepulang dari sana, ia (Bea, red) bisa berbagi dan memotivasi adik-adik kelasnya di SMK BBS nanti,” ujar Osriza. (*)